Jumat, 15 Juni 2012

instrumen untuk mengungkap tingkat disiplin siswa dalam bimbingan dan konseling di sekolah SMA/SMP


Landasan Teori
Prijodarminto (1994) dalam Tu’u (2004:31) disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan berbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan keterikatan.
Menurut Johar Permana, Nursisto (1986:14), Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan  nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban
 Maman Rachman (1999) dalam Tu’u (2004:32) menyatakan disiplin sebagai upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.
Gordon (1996:3-4) membedakan kata disiplin dengan mendisiplin. Disiplin biasanya diartikan sebagai perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan, seperti disiplin dalam kelas atau disiplin dalam tim bola basket yang baik. Sedangkan kata mendisiplin didefinisikan sebagai menciptakan keadaan tertib dan patuh dengan pelatihan dan pengawasan dan menghukum atau mengenakan denda, membetulkan, menghukum demi kebiasaan. 

Definisi Operasional
Dari pengertian disiplin menurut para ahli di atas, maka yang dimaksud disiplin siswa dalam penelitian ini adalah sikap atau tingkah laku siswa yang taat dan patuh untuk dapat menjalankan kewajibannya untuk belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah serta bertingkahlaku sesuai dengan norma dan tata tertib yang berlaku.
Adapun ciri-ciri disiplin dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Taat terhadap peraturan dan tata tertib sekolah;
2.      Taat terhadap kegiatan belajar di sekolah;
3.      Taat terhadap norma – norma yang berlaku;
4.      Taat  dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran; dan
5.      Bertanggung jawab terhadap apa yang diucapkan dan dilakukan
 
Jenis Instrumen
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket atau kuesioner yang disusun dan dikembangkan berdasarkan deskripsi teori diatas.

Kisi – Kisi Instrumen

No
Aspek
indikator
item
jumlah
(+)
(-)



1



ketaatan
a)      Bersungguh sungguh menjalankan peraturan dengan tanggung jawab

10,13

2
b)     Pengetahuan siswa dalam melihat arti pentingnya disiplin di sekolah
5
2
2
c)      Perilaku siswa yang menunjukkan tindakan disiplin pada waktu proses belajar 

1,8,9,22

23,24,25
6



2



kesetiaan
a)      Menunjukkan adanya keseimbangan antara tindakan yang dilaksanakan denganucapan 


11
1
b)      Menunjukkan sikap berani menanggung semua resiko atau konsekuensi dari apa yang telahdilakukan.

6
1
c)      Mengetahui kewajiban dandapat menempatkannya (disekolah sebagai siswa dan dirumah sebagai anak
27

1



3



ketertiban
a)         Mengetahui batasan-batasansikap jika berada di sekolah ataudirumah. 

26
19,20
3
b)      Menghargai peraturan yang dibuat sekolah

4,7
3,12
4
c)      Menjaga lingkungan sekolah agar senantiasa indah, aman dannyaman

16,17
14,15,
18,21
6


DAFTAR ANGKET DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

Nama              :…………
Kelas               :…………
Hari / tgl         :…………
Alamat            :…………

Berikut ini disajikan sejumlah pernyataan mengenai pengalaman anda dalam berperilaku sehari-hari. Angket ini bukan tes, oleh karena itu tidak ada jawaban benar atausalah. Seluruh pernyataan dalam angket ini tidak mengandung unsur penilaian yang berpengaruh terhadap nama baik, nilai maupun prestasi anda di sekolah, serta apapun yang anda isi pada lembar  jawaban akan dijamin kerahasiaannya.

Bacalah dengan cermat dan teliti setiap pernyataan dari angket ini, dan berilah tanda silang x ) yang sesuai dengan keadaan anda !!.
 
1.       Saya minta izin terlebih dahulu kepada guru yang sedang mengajar jika ada keperluan untuk keluar kelas.
a.       Selalu                   b. kadang-kadang                   c. tidak pernah

2.      Saya sengaja memperlambat datang ke sekolah.
a.       Selalu                   b. kadang-kadang                   c. tidak pernah

3.      Saya pulang sekolah sebelum waktunya
a.       Selalu                           b. kadang-kadang                               c. tidak pernah

4.       Saya datang ke sekolah sebelum bel berbunyi
a.       Selalu                           b. kadang-kadang                               c. tidak pernah

5.      Saya merasa rugi jika datang terlambat ke sekolah
a.       Ya                                                              b. tidak
6.       Saya dipulangkan dari sekolah karena terlambat masuk
a.               Selalu                         b. kadang-kadang                               c. tidak pernah

7.      Saya pulang sekolah tepat waktu
a.       Selalu                 b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

8.      Saya berada di kelas sebelum guru datang
a.       Selalu                 b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

9.       Saya suka berdiam di kelas sambil menunggu guru datang.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

10.   Setelah pulang sekolah, saya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

11.  Saya berpura-pura ada keperluan untuk menghindari kegiatan ekstrakurikuler.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

12.  Saya datang ke sekolah ketika upacara sedang berlangsung.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

13.  Saya mengikuti upacara sampai selesai.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

14.  Baju saya dikeluarkan apabila guru tidak ada di kelas.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

15.  Saya memakai pakaian seragam ketat.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah


16.  Saya memakai seragam dengan atribut lengkap.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

17.  Saya menggunakan sepatu sesuai aturan sekolah.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

18.   Potongan rambut saya sesuka hati mengikuti mode.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

19.  Saya menggunakan accesoris yang berlebihan ke sekolah.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

20.  Saya memakai make-up ke sekolah.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

21.  Saya mewarnai rambut dengan cat rambut selain warna hitam.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

22.  Saya bertanya kepada guru apabila ada pelajaran yang tidak dimengerti
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

23.  Saya diam saja apabila tidak sesuai dengan pendapat saya
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

24.  Saya tidak mau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

25.  Saya tidak memberikan gagasan/ide jika teman tidak bisa mengerjakan tugasnya
a. Selalu                    b. kadang-kadang                   c. Tidak pernah

26.  Saya mengucapkan salam ketika bertemu dengan kepala sekolah
a.       Selalu                 b.kadang-kadang                    d. tidak pernah

27.  Ketika pulang dari sekolah saya membantu orang tua.
a.       Selalu                 b. kadang-kadang                   c. tdk pernah

28.  Saya mengerjakan tugas tepat pada waktunya
a.       Slalu                   b. kadang-kadang                   d. tdak pernah


2 komentar:

  1. maaf, mau menanyakan untuk menentukan tingkat disiplin nya,, apakah ada skor nilai nya? diperoleh dr mana?

    BalasHapus